Total Tayangan Halaman

Kamis, 23 Juni 2011

PERANGKAT LUNAK PENGOLAH ANGKA

Macam-macam Perangkat Lunak Pengolah Angka

Macam-macam perangkat lunak pengolah angka antara lain : Kspread, Star Office Calc, Open Office Calc, GNOME - GNumeric, Xess, Lotus 123, Microsoft Excel. Adapun yang sekarang banyak digunakan masyarakat adalah Microsoft Excel.

Kspread

·         Kspread adalah aplikasi pengolah angka (spreadsheet) yang bersifat open source dan multiplatform.

·         Opensource artinya aplikasi ini dapat digunakan secara bebas dan tidak perlu membayar lisensi. Bahkan program ini terbuka untuk dikembangkan sendiri oleh pengguna.

·         Multiplatform artinya aplikasi ini dapat dijalankan diberbagai system operasi misalnya windows, linux, solaris, dan max OS.

·         Aplikasi ini dapat di unduh (download) di alamat internet : http://www.koffice.org.


Gambar 2.1 : Kspread beserta lembar kerja

·         Kelebihan kspread adalah :

o     Tampilannya dilengkapi menu dan tombol-tombol sehingga mudah digunakan.

o     Dilengkapi fitur-fitur pengolah angka dengan berbagai kemudahan

o     Mampu mampu melakukan perhitungan lebih dari 100 fungsi

o     Mampu mengurutkan angka.

o     Dalam satu dokumen mampu memuat banyak lembar kerja dan banyak table.

Star Office Calc

StarOffice Calc merupakan aplikasi pengolah angka yang dikembangkan oleh Sun Microsystem. StarOffice Calc adalah aplikasi pengolah angka yang bersifat multiplatform, yang berarti dapat dijalankan di berbagai sistem operasi termasuk Linux, Solaris, Unix, dan Windows. Kelebiihan star Office Calc adalah :

·         Mampu mengenali dan mengklarifikasi data di lembar kerja untuk diterjemahkan dalam bentuk grafik.

·         Mampu mengkonversi data yang dihasilkan ke dalam dokumen Excel.


Gambar 2.2 : Star Office Calc beserta lembar kerja

Open Office Calc

·         Open office calc adalah software yang bersifat open source, artinya orang lain dapat merubah program sesuai dengan kebutuhan. Selain itu perangkat lunak ini bersifat multiplatform sehingga dapat berjalan dengan berbagai system operasi seperti windows, linux, unix, solaris, dan max OS.

·         OpenOffice Calc adalah freeware oleh karena itu siapa saja bias menggunakannya tanpa harus membayar lisensinya.

·         Perangkat lunak ini dilengkapi tampilan mirip seperti Ms. Excel penempatan menu-menu, toolbar tidak berbeda jauh dengan Ms. Excel.



Gambar 2.3 : Open Office Calc beserta lembar kerja

GNOME Office - Gnumeric

·         Gnumeric adalah perangkat lunak pengolah angka dari Gnome office.

·         Perangkat lunak ini bersifat open source dan dapat digunakan secara bebas (freeware)

·         Selain itu software ini bersifat multiflatform, sehingga dapat dijalankan dengan berbagai sistem operasi .

·         Tampilan perangkat lunak ini juga user friendly, karena dilengkapi tombol-tombol dan menu seperti pada MS. Excel.

·         kelemahan GNOME nampaknya yaitu hubungan antar aplikasi

·         alam aplikasi ini adalah, memerlukan banyak memory (RAM), proccessor yang besar (CPU)



Gambar 2.4 : GNOME Office - GNUMERIC beserta lembar kerja

Abacus

Abacus adalah aplikasi pengolah angka yang hanya membutuhkan memori kecil dan sangat mudah digunakan. Awalnya Abacus dikembangkan sebaggai proyek mahasiswa di Universitas IST, Portugal di bawah bimbingan Prof. Arlindo Oliveira.

Abacus telah dilengkapi fitur-fitur standar pengolah angka, menu-menu dan tombol-tombol untuk memudahkan pengguna memakai aplikasi ini.




Gambar 2.5 : Abacus beserta lembar kerja

XESS

·         XESS adalah aplikasi pengolah angka yang dibuat oleh AIS (Applied Information System - www.ais.com) dan dapat dijalankan dikomputer dengan sistem UNIX, Linux, Open VMS dan Windows.

·         Kelebihannya adalah bersifat multiplatform.





·         Xess diproduksi dengan dua model yaitu Enterprise dan lite. XESS Enterprise dilengkapi fitur-fitur standar, kompetibel dengan lotus dan Excel, mampu menggunakakn macro adds-ins, dan fasilitas pemrograman.



Gambar 2.6 : XESS beserta lembar kerja

Lotus 123

·         Lotus 123 merupakan aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan IBM. Lotus 123 dikeluarkan dalam satu paket bersama-sama aplikasi Office lainya dan dikenal dengan nama Lotus SmartSuite.

·         Aplikasi ini termasuk pengolah angka tertua dan dibuat oleh IBM (International Business Machine).


·         Kelebihan Lotus 123 adalah mampu bertukar dokumen dengan MS. Excel dan memiliki fitur-fitur yang lengkap.



Gambar 2.7 : Lotus 123 beserta lembar kerja

Microsoft Excel

Microsoft Excel adalah aplikasi pengolah angka yang dikeluarkan oleh Microsoft Corporation. Perusahaan perangkat lunak terbesar di dunia. Microsoft memiliki fitur-fitur yang memungkinkannya diintegrasikan dengan aplikasi Microsoft Office lainnya.


Gambar 2.8 : Microsoft Excel beserta lembar kerja

Microsoft Excel Versi 1.0 dapat dijalankan pada komputer IBM PC dengan Micro Processor 80486. Kemudian Microsoft Excel versi 2.0. Microsoft Excel 2000 yang untuk selanjutnya disingkat Excel 2000 merupakan program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik). Excel 2000 merupakan pengembangan dari Microsoft Excel versi sebelumnya dengan tujuan agar program aplikasi spreadsheet (lembar kerja elektronik) ini lebih mudah digunakan dan dapat dimanfaatkan semua fasilitas yang ada pada sistem jaringan baik internet maupun intranet.

Tahun 1990 Microsoft Corporation memperkenalkan Microsoft Excel versi 3.0 yang menampilkan window-nya yang tiga dimensi dan mendukung penggunaan memori. Kemudian pada tanggal 6 April 1992, Microsoft Corporation telah mengeluarkan Microsoft Excel 3.1.

Pada tanggal 24 Agustus 1995 Microsoft Corporation secara resmi mengeluarkan versi terbarunya dengan nama Microsoft Excel '95 dan diteruskan dengan versi Microsoft Excel '97 serta dalam tahap penyempurnaan akan dikeluarkan pula versi terbarunya yakni Microsoft Excel 2003.

Microsoft Excel kelebihannya :

  1. Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.

  1. Excel juga menawarkan penghitungan kembali terhadap sel-sel secara cerdas, di mana hanya sel yang berkaitan dengan sel tersebut saja yang akan diperbarui nilanya (di mana program-program spreadsheet lainnya akan menghitung ulang keseluruhan data atau menunggu perintah khusus dari pengguna). Selain itu, Excel juga menawarkan fitur pengolahan grafik yang sangat baik.

  1. Excel menawarkan banyak keunggulan antarmuka jika dibandingkan dengan program spreadsheet yang mendahuluinya, tapi esensinya masih sama dengan VisiCalc (perangkat lunak spreadsheet yang terkenal pertama kali): Sel disusun dalam baris dan kolom, serta mengandung data atau formula dengan berisi referensi absolut atau referensi relatif terhadap sel lainnya.


  1. Membuat buku kerja Hitung Cepat

  1. sudah diakui dan menjadi standar untuk melakukan pekerjaan-pekerjaan yang berhubungan dengan PC, seperti mengetik, membuat laporan keuangan, membuat dokumentasi rapat, membuat presentasi,

Kekurangannya:

  1. mengganti huruf besar dan kecil selengkap
  2. SEBUAH "kelemahan" baru di Microsoft Excel yang memungkinkan penyerang untuk mengakses komputer pemakai telah ditemukan. Microsoft memperingatkan bahwa penyerang dapat memanfaatkan kelemahan ini dengan membuat sebuah dokumen Excel yang berisi kode untuk mengontrol komputer orang lain


1 komentar: